Suara Muslim

Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa

Penetapan Plt Jaksa Agung Tak Menyehatkan Birokrasi

leave a comment »

Jakarta – Langkah Presiden SBY untuk meneken Keputusan Presiden (Keppres) soal pemberhentian Hendarman Supandji dinilai sudah tepat. Namun, seharusnya SBY langsung menunjuk pengganti Hendarman, bukannya menunjuk Plt (Pelaksana Tugas) Jaksa Agung.

“Menurut saya memang terbitnya Keppres itu sudah tepat, cuma yang saya sayangkan kenapa harus ada Plt lagi,” ujar anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil kepada wartawan usai acara diskusi di Warung Daun, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (25/9/2010).

Menurut Nasir, keberadaan Plt Jaksa Agung justru menunjukkan jika proses kaderisasi di internal Kejaksaan tidak berjalan baik. Keberadaan Plt juga bisa dicurigai sebagai indikasi akan adanya kepentingan politik yang masih membalut keinginan presiden dalam pemilihan Jaksa Agung.

“Ini menunjukkan bahwa memang saya bisa lihat kaderisasi tidak berjalan dengan baik di internal Kejaksaan, sehingga Presiden tidak bisa begitu cepat mengambil keputusan untuk menggantikan Hendarman Supandji,” tuturnya.

Menurut Nasir, seharusnya, Presiden langsung menunjuk pengganti Hendarman begitu Keppres diteken. Jika seperti ini kesannya Presiden kesulitan menemukan pengganti Hendarman.

“Jadi ini tidak sehat menurut saya. Makanya Plt ini tidak boleh lama-lama, tidak sehat Plt ini. Plt itu tidak menyehatkan birokrasi di internal Kejaksaan, dia tidak bisa berbuat apa-apa,” tuturnya.

Dikatakan Nasir, masalah pengganti Jaksa Agung ini bukanlah persoalan kecil karena menyangkut posisi Jaksa Agung. Dia berpendapat, presiden seharusnya sudah mempersiapkan calon-calon pengganti Hendarman sejak lama.

“Seharusnya sejak awal presiden sudah memprediksikan, ketika ini masuk ke Mahkamah Konstitusi, presiden seharusnya sudah mempersiapkan, kalau begini seperti apa. Presiden sayangnya seperti menganggap remeh ya masalah ini,” ucapnya.

Nasir menuturkan, kalau pemerintah ingin membangun citra yang baik di mata publik, pemerintah harus bersikap responsif, artinya cepat menanggulangi persoalan-persoalan.¬† Pemerintah seharusnya telah mempunyai ‘stok’ untuk menggantikan Hendarman.

“Ini kan seolah-olah pemerintah tidak punya stok. Seharusnya langsung diganti,” tandas politisi PKS ini.[detik.com]

Advertisements

Written by suaramuslim

25/09/2010 at 3:14 pm

Posted in Berita, Politik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: