Suara Muslim

Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa

Blokade Gaza Aib Masyarakat Internasional

leave a comment »

Brussel-Europe Campaign untuk Pembebasan Blokade Gaza mengecam keras berlanjutnya blokade dzalim yang diberlakukan terhadap Jalur Gaza yang sudah memasuki tahun ketiga. Semua itu terjadi di tengah-tengah kelemahan internasional untuk membebaskannya dan persekongkolan untuk tetap mencekik dan menekam satu setengah juta manusian Palestina di Jalur Gaza.

Ketua Europe Campaign, Amin Abu Rashid dalam pernyataannya di Brussels, Kamis (03/07), mengatakan bahwa blokade telah merubah Jalur Gaza menjadi ladang kematian massal. Sebanyak 200 pasien Palestina telah meninggal dunia akibat dilarang berobat ke luar kerena di Jalur Gaza tidak ada obat dan minimnya peralatan medis.

Abu Rashid menganggap terus berlanjutnya blokade terhadap Jalur Gaza, yang semakin diperketat selama setahun terakhir, di tengah-tengah diam dunia internasional, merupakan aib kemanusiaan dan masyarakat internasional yang mengibarkan panji HAM.

Dia menegaskan, pernyataan-pernyataan dari sebagian lembaga HAM yang mengecam blokade perlu diikuti dengan gerakan nyata demi membebaskan blokade dan menyelamatkan orang-orang Palestina di Jalur Gaza yang terblokade. “Nurani dunia harus sadar,” tegasnya.

Menurutnya, blokade ini adalah cela bagi seluruh dunia. “Kita harus menamai sesuatu dengan namanya. Di sana ada banyak tangan yang terulur untuk blokade lalim ini. Ada pihak-pihak yang terlibat dalam kejahatan kemanusiaan ini, pihak-pihak itu ada yang dekat dan ada yang jauh,” ungkapnya. Oleh kerena itu, tegasnya, semua yang terlibat memuluskan tragedi blokade ini maka telah melanggar prinsip-prinsip kemanusiaan dan piagamnya.

Europe Campaign mengecam terus berlanjutnya blokade dan penutupan perlintasan-perlintasan Jalur Gaza, khususnya perlintasan perbatasan rafah yang menjadi urat nadi utama kehidupan orang-orang Palestina. “Biarkanlah Jalur Gaza hidup. Biarkanlah Jalur Gaza bernafar. Jangan kalian putus urat nadi kehidupannya. Jangan kalian tutup jendela-jendela harapan di hdapannya, jangan kalian paksakan kematian padanya,” tegas Amin Abu Rashid.

Dia meminta Mesir segela melakukan tindakan untuk membuka kembali gerbang perbatasan Rafah secara penuh. Karena ratusan pasien Palestina kini sedang menunggu kematian. Ditambah penderitaan satu setengah juta manusian yang hidup dalam kondisi sangat buruk akibat penutupan perlintasan dalam sejarah modern ini. (seto-infopalestina)

Advertisements

Written by suaramuslim

04/07/2008 at 7:36 am

Posted in Berita

Tagged with

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: