Suara Muslim

Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa

Orang terakhir masuk Surga

leave a comment »

Dari Ibnu Mas’ud, sesungguhnya Rasulullah saw. telah bersabda, “Yang terakhir masuk surga adalah orang yang berjalan satu kali, jatuh tengkurap sekali dan disambar api satu kali karena dia menengok api ketika melewatinya. Lalu dia berkata, ‘Maha Barakah Dzat yang telah menyelamatkan saya dari engkau. Sungguh Allah telah memberi saya sesuatu yang tidak diberikan-Nya kepada orang-orang dahulu maupun orang-orang terakhir’. Lalu diangkat untuk dia sebuah pohon.

Dia berkata. Wahai Tuhan, dekatkanlah saya pada pohon itu supaya saya bisa berteduh dengan bayangannya dan minum airnya.’ Lalu diangkat untuk dia sebuah pohon. Maka Allah azza wa jalla berfirman,’ Hai anak Adam, sekiranya aku memberikannya padamu, kamu masih minta kepada- Ku yang lainnya.’ Dia menjawab, ‘Tidak, wahai Tuhan:’ Lalu Tuhan menyuruh dia untuk berjanji untuk tidak meminta yang lainnya. Dan Tuhannya menerima alasan yang dikemukakannya, karena dia melihat tidak ada alasan pada dirinya. Lalu Dia mendekatkannya pada pohon itu, kemudian dia berteduh di bawah bayangannya (pohon) itu dan minum airnya. Maka diangkat untuknya pohon yang lain yang lebih dari yang pertama. Maka dia mengatakan, ‘Wahai Tuhan, dekatkanlah aku kepadanya agar aku minum airnya dan berteduh dibawah bayangannya. Saya tidak akan minta kepada-Mu yang lainnya.

‘Maka Allah berfirman, ‘Hai anak Adam, bukankah kamu telah berjanji kepada-Ku bahwa kamu tidak minta kepada-Ku yang lainnya:’ lalu Allah berfirman, ‘(sekarang ini) sekiranya aku mendekatkanmu kepadanya, kamu pasti akan masih minta kepada-Ku yang lainnya (seperti tadi).; Maka Allah menyuruh dia supaya berjanji tidak minta yang lainnya. Tuhan menerima alasan yang dikemukakannya, karena melihat bahwa dia tidak sabar lagi kepada-Nya. Maka Dia mendekatkannya pohon itu, kemudian berteduh dan minum airnya. Kemudian diangkatkan (lagi) sebuah pohon yang lebih baik dari pada dua yang pertama, terletak didepan pintu surga, maka dia mengatakan, ‘Wahai Tuhan, dekatkanlah saya ke pohon ini supaya dapat berteduh dan minum airnya. Saya tidak minta kepada-Mu yang lainnya. ‘Allah berfirman, Hai anak Adam, bukankah kamu telah berjanji kepada-Ku bahwa kamu tidak akan minta kepada-Ku yang lainnya ?; Dia menjawab, ‘Betul, Wahai Tuhan: (setelah ini) saya tidak akan minta (lagi) kepada-Mu yang lainnya. ‘Dan Tuhan menerima alasan yang dikemukannya, karena melihat bahwa dia tidak sabar (lagi). Ketika Allah mendekatkannya ke pohon, terdengarlah olehnya suara-suara ahli surga. Maka dia menga­takan, Wahai Tuhan, masukkanlah saya ke surga!

‘Maka Allah berfirman. Wahai anak adam, apakah yang dapat menghentikan permintaanmu kepada-Ku? Belumkah kamu rela (puas) kamu telah Aku beri dunia dan yang seperti itu?’ Pria itu berkata, ‘Wahai Tuhan, apakah Engkau mengejek aku, sedangkan Engkau adalah Tuhan alam semesta?'”Lalu Ibnu Mas’ud tertawa sambil berkata. Mengapakah kalian tidak bertanya kepadaku : ‘Karena apa kamu tertawa’? ” Lalu para sahabat berkata. ‘Karena apa kamu tertawa?” Ibnu Mas’ud menjawab. “Beginilah Rasulullah (saw.) dulu tertawa karena tertawa-Nya Tuhan Alam semesta ketika pria itu berkata : ‘Apakah engkau mengejek aku, sedang Engkau adalah Tuhan jagad raya?’ Allah menjawab. Sesungguhnya Aku tidak mengejekmu. Aku ini berkuasa atas apa saja yang aku kehendaki.'”

Rawi Hadits :
Muslim dalam shahihnya ‘Kitabul Iman’ (187/310). Bab Ahli neraka paling akhir keluar.
Ahmad dalam Musnadnya (1/410). dan periksalah shahih Al-Jamius Shaghir’ (no. 4)

Written by suaramuslim

27/06/2008 at 6:46 am

Posted in Aqidah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: